Find us

Rabu, 10 Desember 2008

Menelusuri Biro Jodoh Tersohor, Yasco (2-Habis)

IDE mendirikan Yayasan Scorpio (Yasco) yang dilakukan Drs HMS Hasbie boleh dibilang hanya spontan. Lahirnya yayasan yang bergerak di bidang biro jodohnya ini, juga melibatkan mantan Ketua Umum PBNU Ideham Chalid. Bagaimana ceritanya?

Menurut Hasbie, waktu itu dia baru saja merantau ke Jakarta, setelah menamatkan studi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Malang (Jatim).

Tiba di Jakarta, Hasbie tinggal kost di belakang Kartika Plaza. Teman satu kostnya seorang insinyur, kepala bagian di perusahaan swasta, dan pekerja lainnya, yang semuanya bersatus masih pejaka.

Waktu itu –tahun 1974, Hasbie melihat ada dua media di Jakarta

yaitu suratkabar Pos Kota dan majalah Selekta (sudah tutup), yang menyediakan kolom jodoh. Teman-teman di kost Hasbie, saling berebutan mengirimkan data diri ke dua media itu, dengan harapan bisa mendapatkan jodoh.

Namun, apa hasilnya? Teman-teman satu kost Hasbie kecele, karena tak satu pun dari mereka mendapat respon dari gadis yang diidamkan.

"Melihat kondisi itu muncul ide saya, mengapa tidak dibuat saja wadah yang benar-benar memberikan sarana bertemunya pasangan pria dan wanita yang ingin mendapatkan jodoh," kata pria kelahiran Amuntai 50 tahun yang lalu ini.

Ide itu, lanjut dia, lalu disampaikannya kepada KH DR Ideham Chalid, yang saat itu Ketua DPR/MPR. Dan, tokoh NU yang juga kelahiran Amuntai itu, merespon positif ide Hasbie. "Itu ide yang bagus, karena bisa menolong orang yang kesulitan mendapat jodoh," ucap Hasbie, menirukan ucapan Ideham Chalid 30 tahun silam.

Selanjutnya, Hasbie mendirikan Biro Konsultasi Keluarga tapi namanya belum ada. "Lama sekali saya mencari nama untuk yayasan itu. Eh, Pak Ideham lalu bilang, kamukan bintangnya Scorpio, kenapa tidak pakai itu saja," ujarnya. Sejak itulah lahir Yayasan Scorpio yang disingkat Yasco, pada 11 Mei 1974.

Di mana kantornya? Di sini kembali Pak Ideham berjasa untuk menghidupkan Yasco. Beliau, kata Hasbie, meminjamkan halaman rumahnya di Jalan Mangun Sarkowo 51 Menteng untuk dijadikan kantor Yasco. Di tempat itu, sempat berjalan satu tahun. Tapi, mengingat peminat banyak dan rumah Pak Ideham jadi terganggu, maka pindah ke lokasi lainnya.

Awal berdirinya Yasco, ingat Hasbie, ditanggapi beragam.

Ada yang ragu, curiga, bahkan khawatir. Tapi, ada pula yang menyambut positif.

"Saya sendiri sempat ragu, apakah lembaga ini bisa eksis untuk jangka panjang dan bermanfaat untuk masyarakat, mengingat lembaga seperti ini tahun 1974 belum ada," ucapnya.

Tapi, keraguan itu sirna, setelah beberapa tokoh masyarakat dan pejabat ikut mengayomi YASCO seperti DR Haryono Suyono (Kepala BKKBN), DR Sukamdani Sahid Gotosardjono (pengusaha), Dr Ali Akbar (almarhum) Ketua YARSI/Islam) dan lainnya.

Minat menjadi anggota YASCO juga terus bertambah. Mereka berasal dari berbagai profesi, mulai ABRI berpangkat Letjen, eksekutif Ketua Badan Pemerintah setingkat menteri, pejabat eselon I atau Dirjen, Wakil Ketua MPR-RI, beberapa anggota DPR-RI, hingga pengusaha dan direktur utama BUMN/D.

Ada juga ulama, pendeta, guru besar sampai kelompok masyarakat lapisan bawah. "Memang sampai sekarang kami menjaga rahasia nama mereka," kata Hasbie.

Bagaimana cara pria dan wanita berjodoh setelah menjadi anggota Yasco? Caranya, menurut Hasbie, setelah menjadi anggota atau bisa juga cuma peminat, mereka bisa berkenalan lewat teknologi komunikasi, kunjungan atau tatap muka langsung.

Paling banyak diminati melalui pertemuan umum yang diselenggarakan secara berskala setiap bulan. Anggota yang hadir biasanya 100 sampai 800 orang tiap pertemuan. Dari pertemuan itu, Biro Jodoh Yasco dikenal pula dengan sebutan Terminal Cinta.

Anggota Yasco sendiri datang dari daerah seluruh Indonesia, bahkan ada pula dari luar negeri. Jadi, pengelola harus menyediakan tempat pertemuan yang luas untuk pertemuan mereka itu.

Pada perayaan HUT Yasco ke-30 ini, pengelola menggelar pertemuan untuk ke 274. Pertemuan akan berlangsung pada 16 Mei 2004 di Gedung Sarinah Lt 14, jelas Hasbie, seraya menambahkan jika ada yang berminat jadi anggota baru bisa kirimkan data ke Yasco, dengan alamat Jl Kramat Lontar J-163, Jakarta Pusat. mur
Designed By Published.. Blogger Templates